Foto: Ask Our Organizer

Sabun pencuci piring adalah benda penting di dapur, terutama di area bak cuci piring. Nah, baru-baru ini di salah satu grup sosial media sedang ramai oleh postingan seorang ibu tentang sabun pencuci piring. Ia membagi pengalamannya sendiri mengenai cara menghemat sabun pencuci piring. Dengan komposisi tertentu antara air, garam, dan sabun pencuci piring, volume sabun yang tadinya hanya 800 ml bisa menjadi 5 liter. Alhasil, tak hanya ‘viral’ di grup sosmed tersebut, tapi juga menyebar karena sebagian besar anggota grup (baca: ibu-ibu) membagi postingan itu di akun pribadi mereka masing-masing. Bahkan, ikut diposting oleh akun gosip loh..

Kegembiraan ibu-ibu akan tips tersebut mungkin juga dikarenakan sabun pencuci piring tak hanya bermanfaat buat mencuci peralatan dapur. Lalu, apa sajakah manfaat lain sabun pencuci piring?

Menyingkirkan rumput liar
Kita bisa saja menggunakan herbisida yang tersedia di pasaran untuk menyingkirkan rumput liar di pekarangan. Namun sebenarnya kita bisa meramu sendiri herbisida dari bahan-bahan yang ada di dapur, yaitu sabun pencuci piring, garam, dan cuka. Campurkan 1 sendok teh sabun pencuci piring, 16 sendok makan garam, dan 3,8 liter cuka. Lalu siramkan ke rumput liar yang ingin kita singkirkan. Biasanya rumput liar yang tumbuh di retakan lantai pekarangan atau celah antara grass block.

Mengusir semut
Semut di halaman rumah biasanya lebih menfganggu daripada semut yang berkeliaran di dalam rumah. Ukurannya lebih besar dan sangat sakit bila menggigit kita. Tak nyaman bia sedang asyik bersantai di teras, lalu digigit semut, bukan?
Usir semut-semut tersebut dengan membuat larutan dari campuran air dan cuka dengan perbandingan 1:1 dan 1/4 sendok teh sabun pencuci piring. Bila cuka di rumah sedang habis, bisa diganti larutan pembersih kaca. Semprotkan laritan di area semut berkumpul atau sering dilewati semut.

Bisa jadi shampo
Jika rambut terasa begitu lepek karena minyak dan kotoran, sehingga masih terasa kurang bersih dalam sekali keramas, campurkan beberapa tetes sabun pencuci piring ke dalam shampo yang akan kita gunakan. Minyak di peralatan masak saja bisa hilang oleh sabun pencuci piring, apalagi kalau hanya minyak di rambut.

Tak heran ya para ibu-ibu begitu antusias saat mengetahui tips tersebut. Tak hanya bisa hemat belanja bulanan untuk sabun pencuci piring, tapi juga karena manfaat ekstra yang dimilikinya. Bagaimana, Anda tertarik mencoba?..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.